Just another free Blogger theme

Senin, 24 Oktober 2016

Hari ini, Minggu 23 Oktober 2016, saya pun sempat mencicipi tulisannya Keith Harrell dan Hattie Hill, yang diterbitkan Gramedia tahun 2008. Buku yang berjudul Connect, memberikan garansi bahwa kesuksesan Anda di masa depan, juga ditentukan oleh Hubungan Anda Saat ini.

Keith Harrell, yang dikenal sebagai “DR. Sikap” (Dr. Attitude), dikenal dan diposisikan banyak orang di negeri Barat, sebagai  guru yang mampu memberikan inspirasi dalam mengubah sikap, ke arah yangh lebih baik. Banyak perusahaan, lembaga atau institusi yang sudah memanfaatkan kepakarannya, dalam mengubah sikap atau budaya organisasi.
Buku “CONNECT” adalah salah satu unggulannya dalam pendidikan karakter atau perubahan sikap untuk mengarah pada kesuksesan seseorang. Istilah connect, bisa diartikan secara bahasa, dan juga akronim. Karena memang itulah yang dimaksudkan oleh Harrell dan Hill.
Connect, bisa diartikan hubungan, komunikasi, jaringan, network, jalinan, atau kemitraan. Ini adalah makna kebahasaan dari konsep connect itu sendiri.  Dengan kata lain, untuk membangun masa depan, dipengaruhi oleh kemampuan kita dalam membangun hubungan dengan konsumen, atasan, pegawai, atau lingkungan masyarakat.
Untuk bisa sukses, kita perlu membangun jaringan atau kemitraan dengan pihak lain dalam mewujudkannya.  Kemitraan atau jaringan, bukan sekedar tujuan, tetapi alat untuk mencapai tujuan.
Connect pun, bisa diartikan sebagai kedekatan, ataua keintiman. Kedekatan dan sikap afirmasi kepada pihak lain, akan menjadi baghian penting dalam mendukung proses pencapaian tujuan.
Untuk bisa connect, dibutuhkan ada kepedulian (Icare). Konsep ICARE (2008:18),  merupakan akronim dari Intensive (intens),  cure (perhatian), affirmative (keberterimaan), ready (kesiapan) dan enthusiasm (antusias).
Orang yang peduli, akan intens berkomunikasi, memperhatikan, dan peduli. Produsen yang care, akan intens memperhatikan kebutuhan konsumennya.  Seorang yang  peduli, akan mendukung pada upaya orang lain untuk maju dan berkembang, siap membantu dan juga antusias dalam pendukungannya.
Kemudian, konsep CONNECT, yang ditawarkan Harrell dan Hill, yaitu akronim dari tujuh prinsip keterhubungan yang baik.
Commit to win. Orang yang terkonek, dan peduli, akan tetap komitmen dengan tujuannya untuk sukses dan menang. Komitmen untuk menang adalah harga mati baginya. Invictus, tak terkalahkan, dan tak bisa ditundukkan.
Open up  to opportunities, atau terbuka jiwanya untuk hal-hal baru dan membaharukan. Pada mulanya, air kolam itu bening dan bersih. Tetapi, jika tidak pernah diganti, maka air itu akan kotor dan kurang sehat bagi makhluk hidup di kolam tersebut.
Notice what’s needed and do what’s necessary, atau mencatat apa yang dibutuhkan dan menuliskan apa yang diinginkan. Prinsip praktisnya, mengubah tindakan dari melakukan yang harus dilakukan, menjadi melakukan yang ingin dilakukan.
Navigate by your purpose, atau kendalikan oleh tujuanmu. Supir kendaraan, tetap setiap dibalik setir, lebih disebabkan karena dikendalikan oleh tujuan, bukan oleh kepentingan gaji yang akan didapatkannya. Keselamatan dan sampai ke tujuan, adalah hal utama dibandingkan dengan upahnya sendiri.
Execute ethically, do what right because it’s right, yaitu melakukan hal-hal yang etis. Lakukan apa yang benar, dan karena yakin benar.
Challenge your challenges atau hadapi tantangan. Jenis dan kualitas tantangan akan menggambarkan hasil yang didapatkan.   Hadiah itu tidak akan mengingkari pada kualitas pengorbanan. Semakin tinggi tantangannya, semakin kompleks saingannya, hadiahpun akan semakin besar diberikannya.
Transcend beyond your best atau lampaui tindakan terbaikmu. Lampaui kemampuanmu, lampaui batasa impianmu, lampaui pula waktu sisamu. Semua itu akan menjadi bagian penting dalam mewujudkan masa depan.






[1] David McNamara, Classroom Pedagogy And Primary Practice, London : Routledge, 1994.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar