Just another free Blogger theme

Selasa, 13 Maret 2018



Hasil gambar untuk kognitifSaya termasuk belum paham, atau dalam istilah lainnya, belum mengerti, terhadap pernyataan seorang instruktur dari pengawas yang mengatakan bahwa tahap berpikir C-1, bisa dibuat menjadi soal higher order thinking skills (HOTS).

Jika yang dimaksudkannya itu adalah meningkatkan KD (kompetensi dasar) dari C-1 (Cognitive level 1) menjadi HOTS, sudah tentu bisa, yakni tingkatkan jangan C-1, melainkan menjadi C-3. Jika yang dimaksudkannya demikian, sudah tentu benar. Tetapi, pernyataan itu, sesungguhnya tidak ada kaitannya dengan substansi dari pertanyaan itu sendiri. Dengan kata lain, tidak perlu ditanyakan lagi, apapun bisa dijadikan HOTS, asal “ditingkatkan”.

Sementara, bila kita berhadapan dengan KD dengan indicator pencapainnya adalah C-1, mungkinkan kita menyusun soal dengan karakter HOTS ? atau lebih spesifiknya, jika indicator pembelajarannya dengan KKO (kata kerja operasional) C-1, mungkinkan kita membuat soal dengan HOTS ?

Hasil gambar untuk hots bloom 
 Untuk sekedar mengingatkan kita semua, istilah HOTS banyak dirujukkan pada pemikiran Benjamin Bloom. Saat membincangkan masalah taxonomi-nya, Bloom membagi taksonomi kognitif itu menjadi dua, yaitu  keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS, lower order thingking skills). Pemilahan itu, membelah tingkatan berpikir seseorang menjadi dua. Tingkatan berpikir pada C-1 dan C-2, masuk dalam kategori LOTS, sedangkan C-3 sampai C-6, masuk dalam kategori HOTS.

Bila demikian adanya, maka (1) tingkat pemikiran dan soal yang masuk kategori C-1 atau C-2, menurut versi Bloom, adalah LOTS, bukan HOTS, (2) andai kita mau mengubahnya menjadi HOTS, maka indicator pencapaian kinerja belajar, atau KKO-nya harus diubah, jangan pada posisi kedua jenjang pemikiran tersebut, tetapi harus dinaikkan menjadi minimalnya C-3, atau (3) kecuali, jika kita tidak mau menggunakan teori dari Bloom itu sendiri. Dengan kata lain, acuan mengenai HOTS-nya bukan dari pemikiran Bloom, namun entah dari siapa !?
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar