Just another free Blogger theme

Rabu, 25 Februari 2015





Salah satu  pokok masalah perkoperasian adalah modal.  Kelemahan dalam aspek ini, akan menjadikan masalah besar dalam jalannya koperasi untuk masa depan,  baik dalam pengertian jangka pendek maupun jangka panjang. Karena itu, hal penting yang perlu dicermati adalah pentingnya upaya penguatan modal koperasi.


Dalam Rapat Anggota Tahunan 2014, di MAN 2 Kota Bandung, pihak pengawas mengajukan pemikiran untuk mengembangkan Manajemen Usaha berbasis Modal Bersama (cooperative capital based business management). Mengapa hal ini penting ?

Pertama, seiring dengan nama dan filosofi dari koperasi. Lembaga ekonomi ini, mengedepankan prinsip kekeluargaan, kebersamaan atau kolegialitas. Karena itu, kekuatan koperasi adalah masa aktif bersama, sejahtera bersama, dan modal bersama.

Kedua, basis kekuatan bukan pada modal, atau pada individu. Kekuatan koperasi terletak pada kebersamaan, kekooperasiannya itu sendiri. Karena itu, aspek filosofi ini, jangan sampai tergerus oleh ambisi keuntungan (material) semata, dan juga jangan sampai dikuasai oleh segelintir pemilik modal. 

Hadirnya anggota koperasi yang memiliki simpanan yang besar, adalah sebuah asset bagi koperasi. Tetapi asset pokok adalah hadirnya simpanan dari anggota, yang sifatnya berjangka panjang, dan bukan simpanan sukarela, atau simpanan yang sewaktu-waktu bisa diambil oleh pemiliknya. Sehubungan hal ini, penguatan simpanan wajib, menjadi hal penting dalam penguatan koperasi.

Terakhir, yang menjadi bahan pemikiran saat ini, adalah manajemen koperasi berbasis modal bersama, merupakan upaya strategis dalam membangun fundamental keuangan koperasi, dan juga kemandirian koperasi.
Selamat ber-RAT, semoga koperasi kita menjadi wahana kekeluaragaan dan kesejahteraan bersama.
-p-

Ketua Badan Pengawas Koperasi MAN 2

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar