Just another free Blogger theme

Jumat, 20 Februari 2015



Sudah biasa kita menggunakan istilah modal social (social capital).  Tetapi, kita pun kadang menggunakan istilah modal manusia (human capital). Kadang-kadang kita menggunakannya secara bergantian atau tumpah tindih. Kebiasaan menggunakan kedua konsep itu secara tumpah tindih, ditemukan Ian Falk (2000) dari Universitas Tasmania Australia dalam teks-teks berbahasa Inggris. Bila demikian adanya, apa beda antara kedua konsep tersebut ?

Meminjam uraian Ian Falk (2000), modal social itu adalah perekat masyarakat.[1] Perekat masyarakat itu, yang paling pokok, yakni kerjasama, nilai kepercayaan (trust) dan perekat social (social cohesion)). Hadirnya nilai-nilai itu, dan atau turunan dan pengembangan dari nilai tersebut, merupakan modal social dalam proses pembangunan,dan atau peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Agenda pemberdayaan masyarakat, atau peningkatan partisipasi masyarakat, aka jauh lebih mudah dan lebih efektif, bila memanfaatkan modal social masyarakat yang baik. Karena modal social tersebut, merupakan perangkat lunak social, yang bisa mendorong dan meningkatkan efektifitas dinamika social pada masyarakat tersebut.

Bila demikian adanya, apa bedanya dengan human capital ? Ian Falk mengatakan bahwa human capital itu, didapat dari hasil pembelajaran, baik formal maupun nonformal. Pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari proses belajar, adalah bagian utama dari human capital. Sementara social capital itu, adalah nilai kehidupan yang muncul dari proses interaksi social. Bila kita mengatakan, nilai ekonomi dapat dirujuk ke bank atau pasar, maka modal social itu dirujukkannya pada kualitas dari proses interaksi social itu sendiri.


[1] Ian Falk, 2000, “Human Capital and Social Capital: What’s the difference?:, sumber : Adult Learning Commentary, Number 28, 18 October 2000
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar