Just another free Blogger theme

Sabtu, 31 Maret 2018


Hasil gambar untuk web we wantIni adalah buku panduan praktis untuk anak muda sekarang, bisa bisa berinteraksi dengan internet dengan bijak. Buku ini adalah saduran dari tulisan awal “the Web We Want” .  Simpul pesannya, setidaknya adalah memosisikan web sebagaimana yang kita inginkan.

Melalui buku yang diposisikan sebagai buku panduan bagi anak muda ini, generasi milenial diajak untuk merenungkan isu-isu yang muncul saat berinteraksi dengan teknologi informasi dan komunikasi yang disebut internet. Misalnya, isu hak, kewajiban, jejak dan reputasi teknologi digital bagi seseorang, masyarakat atau kehidupan manusia.

Khusus untuk orang tua atau tenaga pendidik, buku ini bisa dijadikan acuan, contoh atau inspirasi dalam menyusun lembar kerja pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik.  Hal itu terjadi, karena pada saat seorang peserta didik berhadapan dengan lembaran kerja belajar ini, mereka akan diajak untuk merenungkan,  mendialogkan dan merefleksikan dengan kehidupan nyata, sesame pembelajar dan juga perkembangan kehidupan yang ada di sekitarnya.

Dengan judul TheWeb We Want, sesungguhnya dimaksudkan untuk menyadarkan kita, supaya memiliki web sebagaimana yang kita inginkan. Sementara pada kenyataannya, pada saat kita sadar, illiterasi terhadap teknologi digital, bukan web sebagaimana yang kita inginkan, malahan yang terjadi itu adalah pribadi kita yang dikendalikan oleh web (The We Web Want).

Mudah terprovokasi oleh informasi yang ada di media sosial, tanpa ada kemampuan untuk menyaringnya, adalah bentuk kelakuan nyata yang terkendalikan oleh  web atau media sosial.

Menjadi pribadi yang galau, akibat ada informasi yang berseliweran di dunia maya, dan merasa tidak mampu memilah dan memilihnya, adalah contoh lain dari pribadi yang dibentuk dan dikenalikan oleh web.

Alih-alih menjadi pribadi yang bijak, dan memiliki web  sebagaimana yang diinginkan, malah yang terjadi itu adalah menjadi pribadi yang galau dan asocial, karena dikendalikan oleh web.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar