Just another free Blogger theme

Minggu, 25 Maret 2018


Hasil gambar untuk pengantar tata kelola internetKendati istilah ini sudah familiar dengan lisan dan budaya kita, namun tidak banyak orang yang memahami dengan lebih mendalam mengenai makna internet. Saya termasuk diantara orang yang baru tersadarkan, selepas membaca buku yang dipublikasikan  Kominfo, dengan judul “Pengantar Kelola Internet” (edisi revisi, 2018).


Wacana ini dipublikasikan dengan maksud yang sama, yakni melakukan penyadaran atau dalam bahasa kampus yaitu mengembangkan literasi digital kepada masyarakat Indonesia. Literasi Digital atau dalam bahasa sederhana kita, membangun masyarakat yang melek, atau sadar dalam menggunakan teknologi informasi, khususnya internet.

Internet bisa diarikan mirip telepon atau radio.  Internet adalah perangkat atau teknologi. Maka yang harus diperhatikan, salurannya kepada siapa, frekuensinya berapa. Itulah yang diatur. Tetapi, itu semua juga belum mampu menggambarkan makna internet yang sebenarnya.

Internet adalah sarana atau transaksi bisnis, tidak jauh dari toko, mobil, atau gerobak yang digunakan untuk bisnis secara konvensional. Maka yang harus diperhatikan adalah di mana tempatanya, barang apa yang dijualnya. Itulaha yang harus diperhatikan.

Sudah tentu, kedua arti itu pun tidak mencukupinya, karena, diinternet kita kerap chatingan, atau update status. Jadi internet ibarat tempat bicara atau bincang-bincang. Maka yang harus diperhatikan, cara bicara, isi pembicaraan, dan tempat bicara.

Wah, masih banyak lagi, cara mengartikan internet. Hemat kata, melalui wacana yang disajikan ini, kita mendapat pencerahan mengenai makna internet secara lebih mendalam.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar