Just another free Blogger theme

Senin, 30 Juli 2018


Sempat terpikirkan. Bagaimana kita bisa berubah dan menjadi pencipta perubahan, bukankan guru itu adalah instrument kebijakan ?
Hasil gambar untuk guruCoba perhatikan dengan seksama. Jika kita memiliki gairahan perubahan dan hasrat kuat untuk mengubah keadaan, tetapi kita berada dalam system yang konservatif ? sebut saja, yang nama kurikulum itu bersifat nasional, dan tidak bisa diubah setiap saat. Ada waktunya perubahan kurikulum, sementara kita sebagai guru, berada dalam hasrat untuk berubah setiap saat. Bagaimana hal ini bisa disiasati ?

Pertanyaan serupa itu, tepat untuk diajukan, saat kita membincangkan masalah sikap kita dalam menghadapi perubahan. Tetapi, hal mendasar yang juga perlu dipahami, bahwa respon terhadap perubahan itu, tidak selalu sama, dan tidak perlu sama. Respon perubahan yang bisa dilakukan adalah respon perubahan sesuai dengan level kewenangannya sendiri.
Perubahan global bisa disikapi oleh pemerintah. Produknya adalah kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan zaman. Rasanya pikiran dan reaksi serupa ini, berada di luar kuasa kita, dan tidak perlu dipikirkan secara serius. Biarkan, wilayah ini dipikirkan oleh pemerintah, sesuai dengan ruang lingkup kewenangannya sendiri.
Perubahan institusional pun, dalam batasan tertentu berada di luar wilayah guru. Biarkan perubahan kebijakan level kelembagaan, dipikirkan oleh manajemen madrasah. Karena di situlah level kewenangan  yang dimilikinya.
Posisi kita dan peran kita adalah menunjukkan respon positif dalam pola dan gaya mengajar. Pola dan gaya mengajar kita, disesuaikan dengan tuntutan dan kewenangan zaman.
Untuk sekedar contoh, jika anak-anak kita sudah gandrung dengan gadget dan ITC, maka sebagai tenaga pendidik pun, jangan sampai ketinggalan dan abai dengan budaya gadget atau ICT tersebut. Manfaatkan dan berdayakan ICT sebagai bagian penting dalam layanan pendidikan di dalam kelas.
Dengan langkah serupa itu, kita sebagai guru, kendati berposisi sebagai instrument kebijakan, tetapi mampu menunjukkan sikap kreatif dan aktif dalam merespon perkembangan dan perubahan zaman. Dengan gaya serupa itu, kita sudah mampu menunjukkan diri sebagai tenaga pendidik yang gaul atau guru millennial !

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar