Just another free Blogger theme

Jumat, 25 Juli 2014


Mengapa orang terbiasa dengan selfi ? mengapa orang seringkali merayakan hasrat seks di media jejaring social ? mengapa harus cipika-cipiki ?  bagaimana komunikasi di pekerjaan ?
Judul : Antropologi Untuk Komunikasi
Penulis : Momon Sudarma
Penerbit :Mitra Wacana Media, 2014
http://www.mitrawacanamedia.com/index.php?route=product/product&keyword=momon+sudarma&category_id=45&ejauthor=1&product_id=328
Memahami budaya adalah hal penting dalam memahami komunikasi. Kesalahpahaman, kecurigaan atau prasangka, bisa berawal dari ketidakpahaman kita dalam memahami keragaman budaya dalam berkomunikasi.  Berjabatan tangan dengan salaman saja, cium pipi kanan dan cium pipi kiri (cipika-cipiki), atau sampai berpelukan. Semua itu menunjukkan adanya keragaman budaya dalam berkomunikasi. Karena itu, pemahaman mengenai budaya akan membantu dalam memahami pola dan bentuk komunikasi.
Pada sisi lain, berkomunikasi adalah hal penting dalam bermasyarakat, dan memahami karakter masyarakat. Dengan komunikasi, seseorang bisa mengekspresikan dan menyampaikan pesan, dan juga sekaligus bisa memahami pesan budaya dari orang lain. Kesempatan itu, bisa dijangkau oleh ragam media komunikasi. Terlebih lagi, dengan banyaknya saluran komunikasi yang berkembang saat ini.
Wacana yang ada di tangan pembaca kali ini, pada dasarnya  sekedar pengantar untuk memahami antropologi komunikasi. Wacana-wacana yang ada di sini, termasuk mengenai antropologi organisasi social, antropologi teknologi, antropologi pengetahuan, dan juga antropologi memandang agama sebagai konteks budaya.
Wacana itu tampak sangat luas, dan memang demikian adanya. Oleh karena itu, sebagai sebuah pengantar, tidak memiliki kemampuan menjangkau semua itu. Namun demikian, wacana-wacana ini diharapkan dapat membantu pembelajar Antropologi, Sosiologi, dan ilmu Komunikasi dalam memahami fenomena komunikasi di zaman modern ini.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar