Just another free Blogger theme

Minggu, 13 Juli 2014


Menghadapi pembelajaran 2014, ada diantara guru yang perlu mempersiapkan pengajaran lebih baik. Hal itu, setidaknya, karena model pembelajaran di tahun ini, setidaknya harus mengedepankan pendekatan saintifik.


Khusus untuk tenaga pendidik, baik itu guru maupun dosen, bahkan pengawas dan widyaiswara, keterampilan riset itu menjadi satu kebutuhan mendasar.  Demi kepentingan karir dan profesinya, mereka itu membutuhkan pengetahuan, pengalaman sekaligus keterampilan riset yang tepat. Karena itu, buku yang disajikan ini, memiliki fungsi yang strategis, baik untuk mahasiswa, tenaga pendidik, maupun widyaiswara dan pengawas, khususnya dalam penguatan kompetensi riset.

Wacana yang disajikan dalam buku ini, berbeda dengan buku sejenis lainnya. Dalam wacana-wacana awal, disajikan ragam perspektif dalam kajian geografi, seperti perspektif filsafat, perspektif feminism, pendekatan ethnografi, teori sistem, pendekatan teori kritis, teori makro geografi, geografi perilaku, sampai geografi posmodernis. Ini adalah pembeda pokok dari buku metodologi penelitian sejenis yang sudah ada saat ini. Penyajian mengenai ragam perspektif ini,  dimaksudkan untuk memperkaya sudut pandang geograf dalam memahami fenomena geografi.
Selanjutnya paparan mengenai kunci-kunci pemahaman prosedur penelitian, dikemukakan mengenai perumusan masalah, pengumpulan data, teknik sampel dan visualisasi data. Di bagian terakhir, memberikan pandangan praktis mengenai pengalaman bimbingan karya ilmiah.

Untuk menggenapkan paparan teoritik dan perspektif-perspektif penelitian sebelumnya, wacana ini dilampiri dengan Panduan Singkat PTK diharapkan dapat membantu para guru khususnya, dalam melakukan PTK.
Sehubungan hal itulah, kiranya tepat, jika wacana “Metodologi Penelitian Geografi”, yang berisi mengenai ragam perspektif geografi (social), dan juga prosedur penelitian, menjadi perlu untuk dicermati dengan sebaik-baiknya. Melalui buku ini, Insya Allah, memberikan tambahan perbendarahaan wawasan kita, mengenai pendekatan sains kita, khususnya dalam kajian geografi. Karya ini diterbitkan Graha Ilmu Jogjakarta.


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar