Just another free Blogger theme

Selasa, 09 April 2013



Sebelas 11 Juni 2012. Hari senin itu, saya berkesempatan mengiringi istri, yang bertugas sebagai pembimbing perjalanan tour ke Kolam Renang Darajat Garut. Kegiatan ini merupakan kegiatan tengah semester, Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Ummu Rahmah Vijayakusumah Bandung. 




Anak didik di PAUD ini hanya ada 36 orang. Tetapi, dalam perjalanan ini, hampir setiap siswa orang ada pengantarnya. Entah Kakak, Bibi, atau Orangtuanya. Bahkan, ada juga yang diikuti oleh sanak saudara lainnya, yang seumur anak didik PAUD, walaupun tidak belajar di PAUD. Total peserta perjalanan itu, mendekati angka 80 orang. Tiga Bis sekolah pun berangkat ke Kabupaten Garut.

Kolam Renang Darajah Garut. Itu tujuan perjalanan kali. Kolam renang ini termasuk tempat rekreasi baru di kawasan Garut. Karena barunya, gencaran promosi dan juga kepenasaran masyarakat untuk mencoba menikmati layanan kolam renang air panas, menjadi sangat tinggi.

Cukup jauh. Jalan kendaraan roda empat masih kurang paripurna. Sempit. Bila ada kendaraan yang berpapasan, terpaksa harus saling tunggu di lokasi yang leluasa untuk bisa melewatinya. perjalanan sempit dan terjal, memaksa para pengendara untuk ekstra hati-hati mengendalikan  kendaraan itu. Laju  maju kendaraan, tidak bisa cepat. Lambat namun pasti, selangkah demi selangkah, seputar demi seputar, roda kendaraan melaju menuju puncak kawah Darajat Kabupaten Garu.

Di lokasi kolam renang. Ada informasi dari sesama rekan dari Bandung ini. Bahwa air di Kolam Renang Darajat itu, adalah air panas. Untuk bisa mandi di kolam air panas, tidak bisa langsung terjun. Bila itu dilakukan, tubuh kita akan kepanasan, dan kita tidak akan kuat. Hal yang perlu dilakukan, adalah dengan cara bertahap, sedikit demi sedikit, dan setelah  tubuh kita bisa beradaptasi dengan kondisi air kolam, barulah kita bisa terjun langsung ke kolam renang.  Dengan teknik itu pulalah, anak-anakku yang baru 2 tahun dan 4 tahun diajak berendam.  Ternyata, dengan teknik seperti itu pula, mereka bisa menikmati hangatnya air panas Kolam Darajat Garut, yang berlokasi di Puncak.


Pelajaran yang ingin saya kemukakan, (1) walaupun ada rasa keterpaksaan, (2) namun dengan strategi adaptasi yang tepat, (3) kita akan mampu menikmati perjalanan hidup dengan baik. Itulah, yang saya dapatkan dari pengalaman renang di Kolam itu, dan perjalanan karirku selama ini.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar