Just another free Blogger theme

Rabu, 23 Oktober 2013



Perhatikan sesaat para pengendara motor di jalan raya. Mengapa ada pengendara dengan motor yang sama dengan motor yang kita tunggani, tetapi mereka bisa melaju lebih cepat, dan bisa mendahului kita ? jawaban itu menunjukkan bahwa 'kecepatan atau kesuksesan, tidak ditentukan oleh jenis kendaraan, tetapi lebih disebabkan oleh cara kita mengendarai kendaraan tersebut ?! Dengan kata lain, kadang kita lambat mencapai tujuan, bukan karena kita tidak memiliki modal, tetapi kurang gesit dalam memanfaatkan modal dan kemampuan tersebut.


Seperti biasa. Kendaraan roda dua yang digunakan, menjadi andalan untuk meluncur, melesat dan membesut perjalanan panjang tersebut.  Dalam perhitungan standar, dari rumah ke tempat kerja itu, bisa menghabiskan waktu sekitar 20 menit atau 30 menit.
Perbedaan waktu itu, bisa disebabkan karena kemacaten, dan bisa pula disebabkan oleh alasan lain. Sehingga, bisa disebutkan bahwa irama kita mengendarai kendaraan di jalan raya ini, memang tidak sama. setiap hari memiliki irama yang berbeda.

Di tengah perjalanan itu,  bukan hanya sendiri yang mengendarai roda dua. Ada puluhan, bahkan ratusan orang bergerak dengan roda dua. Bahkan, bukan hanya satu, tapi puluihan kendaraan yang serupa, semerk dan seproduk dengan kendaraan yang ditunggangi. Tetapi, pikiran ini, terus melayang dan bertanya-tenya.

“gila, mengapa  orang lain, bisa begitu cepat melaju dan meninggalkan posisiku jauh di belakang ?” gumamku dalam hati. Ungkapan ini, seringkali muncul dalam benak ini, setiap lewat ke Jalan Soekarno Hatta Bandung.  Pertanyaan ini terus muncul dan menggelayut dalam pikiran, setiap melihat sejumlah  kendaraan dengan jenis atau merk sama melaju cepat dihadapanku.

Situasi jalan sama, dengan apa yang sedang dialami. Bahkan, kadang, diantara mereka ada yang bergerak dengan membawa boncengan. Tetapi, mengapa dia bisa melajut lebih cepat dibandingkan apa yang saya alami ?

Semula dapat dijawab dengan cepat, yaitu masalah kendaraan. Mungkin karena kendaraan mereka lebih bagus. Tetapi, yang menjadi masalah, kendaraan yang aku tunggangi pun sama dengan yang mereka gunakan. Kalau jenis dan merek beda, mungkin benar begitu jawabannya. Sementara ini, tahun kendarana sama, jenis dan merk sama, tetapi mengapa dia bisa lebih cepat melaju dibandingkanku?

Dalam perjalanan itu, sampailah pada satu titik kesadaran, bahwa ‘bukan masalah kendaraannya yang menyebab melaju cepat, tetapi lebih terkait dengan cara mengendarainya”.

Setiap orang diantara kita, mengendarai kendaraan hidup yang sama. Memiliki otak, memiliki rasa. Memiliki pancaindra. Ternyata bukan soal kelengkapan benda yang dimiliki, yang akan menentukan kecepakan melaju kencang, tetapi lebih disebabkan pada bagaimana cara mengendarainya.

Perbedaan kecerdasan diantara kita ini, lebih disebabkan karena adanya perbedaan cara menggunakan, atau mengendarai kecerdasan itu sendiri. karena setiap insan memiliki kecerdasan, hanya berbeda dalam cara menggunakannya.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar