Just another free Blogger theme

Senin, 02 November 2020

 Kita sering melakukan selfi, atau welfie (foto bareng teman-teman) menggunakan kameri pribadi. Maksud dan tujuand ari pengambilan gambar itu, bisa beragam, tetapi salah satu diantaranya adalah bermaksud untuk mendokumentasikan atau mengabadikan momentu pengalaman kita di lokasi dimaksud, sehingga menjadi sebuah alat promosi kepada yang lain, atau media kenangan kelak kemudian hari.


Mari cermati foto yang disajikan di sini. Ini adalah cara pengambilan gambar (foto) yang bisa melahirkan banyak tafsiran. Lahirnya tafsiran itu, bukan disebabkan karena objeknya yang menarik (saja), melainkan karena potensial melahirkan gagal fokus para pengamat terhadap hasil fotografi tersebut.

Untuk memudahkan, kita bagi dua dulu, antara objek latar belakang (backround) dengan sasaran (manusia). Latar belakang dokmuyemtasi ini, adalah pusat Olahraga (Sport Jabar) di Kota Bandung. Sarana Pendidikan Olah Raga Terpadu Jawa Barat. Itulah lokasi yang dijadikan tempat pengambilan gambar tersebut. Kemudianb dibagian depan foto ada dua anak yang tengah bergaya.

Dari maksud pengambil gambar, yakni mengabadikan kegiatan anaknya di lokasi dimaksud.  Foto ini diharapkan dapat mengabadikan, kegiatan anak-anak di lokasi Sport Jabar. Mereka sedang bergaya, berolahraga, dan saat itu adalah sedang berfoto ria. Itu adalah salah satu, tafsirannya.

Tetapi dibalik itu semua, ada tafsiran lain yang lebih memokuskan pada latar belakang. Saat kita melihat foto ini, yang terlihat bukan dua anak yang sedang bergaya, tetapi gedung olahraga yang megah. Keindahan gedung olahraga yang dihiasi oleh ragam bendera peserta kegiatan dari sejumlah negara, memberikan nuansa keasrian dan kemegahan dari gedung tersebut. 

Sejatinya, bagi seorang fotografer mampu mengambil gambar dengan tepat, dan efektif untuk memadukan antara objek manusia yang berfoto dengan latar belakang secara padu, sehingga menghasilkan interaksi pesan foto yang maksimal. Tetapi, itulah kenyataannya. 

Di sinilah, rasanya perlu untuk bisa secermat  mungkin pada saat kiat berselfie. Karena, alih-alih kita selfie, yang ada malahan backroundfie (foto lata belakang) bukan foto diri kita sendiri !

Bagaimana menurut kalian ?

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar