Konsep ini sudah beredar di tengah dunia pendidikan. Deep learning. Sekali lagi, kita masih terus membincangkan masalah ini dengan maksud untuk menjelaskan duduk persoalannya, sehingga kita bisa memahami apa yang perlu dilakukan dunia pendidikan di masa-masa yang akan datang.
Khusus bagi mereka yang memiliki waktu luang, rasanya dapat melakukan kajian mengenai struktur berpikir sistem, subsistem dan teknik operasional. Berpikir sistem, ranahnya bersifat global. Kurikulum 2013 dan atau Kurikulum Merdeka, dapat diposisikan konsep yang mengarah pada pemikiran sistem, atau global. Kurikulum 2023, yang menekankan pada sis kompetensi, akan menuntut pada penguatan pembelajaran yang mengarha pada kompetensi itu sendiri.
Sehubugan hal ini, bagaimana kaitannga dengan konsep deep learning ? apakah konsep ini, merupakan bagian dari konsep global serupa itu ?
Kita boleh dan bisa berbeda pendapat. Deep learning dengan karakternya yang menekankan pada meaningfull, joyfull dan skillfull, cenderung berkesan sebagai sebuah teknik atau model pembelajaran, dan tidak menjadi payung dalam sebuah sistem pendidikan. Hal itu, setidaknya, bila dikaitkan dengan kebutuhan untuk mengembangkan model serupa itu, dapat ditelaah dengan payung hukum lainnya.
Andaipun, hendak dijadikan payung sistem-pendidikan atau sistem pembelajaran, maka diperlukan kajian intensif lagi untuk menggali hakikat dari pembelajaran, dan komponen pembelajaran yang terlibat di dalamnya
0 comments:
Posting Komentar