Just another free Blogger theme

Minggu, 14 September 2014



Ellsworth Huntington (1876-1947) adalah Geograf dari Amerika Serikat. Secara umum, pemikir ini dikelompokkan sebagai tokoh fisis determinisme, yaitu kuatnya pengaruh lingkungan terhadap ragam budaya manusia. Pada saat membahas mengenai prinsip-prinsip Geografi Manusia, kita bisa menemukan satu diantara ide menarik Huntington, yaitu mengenai ragam respon manusia terhadap lingkungan.

Menurut  pemikirannya, respon manusia terhadap lingkungan itu, dapat dikelompokkan pada empat kelompok besar, yaitu terkait dengan kebutuhan material (material needs), pekerjaan, efisiensi kehidupan, dan kebutuhan tingkat tingkat tinggi (higher needs).

Pertama, lingkungan memberikan pengaruh terhadap ragam makanan, pakaian, alat dan teknologi, sarana transportasi dan perumahan. Seseorang yang ada di kawasan pantai, memiliki kebutuhan material yang berbeda dengan mereka yang tinggal di daerah gurun atau pegunungan.

Kedua, lingkungan mempengaruhi ragam pekerjaan manusia. Dari aspek ini, kemudian muncul keragamaan pekerjaan, seperti berburu, bertani, pertambangan, dan pengolahan barang dan perdagangan.

Ketiga, adanya keragaman mengenai ragam kegiatan yang mendukung pada usaha peningkatan kualitas hidup manusia, seperti layanan kesehatan, pemanfaatan energy dan keragaman pola rekreasi.

Terakhir, yaitu adanya keragaman kebutuhan tingkat tinggi manusia (higher needs). Aspek respon manusia yang dianggap masuk pada kategori ini, yaitu pelayanan pemerintahan, pendidikan, sains, keagamaan dan seni.

Bila dicermati dengan seksama, tampaknya pemikiran Ellsworth Huntington (1922) ini, dapat juga dipahami sebagai usulan pemikiran mengenai ragam (unsure) budaya dari perspektif geografi.
reff.
Ellsworth Huntington, 1922, principles of human geography,
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

1 komentar: