Just another free Blogger theme

Selasa, 25 Februari 2014



Terima kasih, atas ruang waktu yang disediakan, sehingga Pengawas Koperasi memiliki kesempatan melaporkan kinerjanya untuk kurun tiga tahun terakhir. Untuk sekedar, mengungkap ulang, badan pengawas Koperasi MAN 2, terdiri dari Momon Sudarma, sebagai ketua, dan Lia Hilyati, SE serta Iis Susilawati, Dra, sebagai anggota.  Dengan komposisi pengawas seperti, kami mendapat amanah di tahun 2010, guna melakukan pengawasan dan sekaligus menyampaikan laporan hasil pengawasan terhadap kinerja Pengurus periode dimaksud.


Dalam hemat pengawas, masa kerja tiga tahun, periode 2010-2013, bukanlah waktu yang pendek, dan bukan pula waktu yang panjang. Kurun waktu tiga tahun itu, cukup kiranya untuk dijadikan refleksi terhadap perkembangan dan kinerja usaha kita dalam lembaga keuangan mikro ini. Tetapi, bila dikaitkan dengan kebutuhan dan kepentingan pembenahan Lembaga Keuangan Mikro, seperti Koperasi MAN 2 Kota Bandung ini, kurun waktu selama tiga tahun tersebut, sudah tentu bukan merupakan waktu yang leluasa untuk dimanfaatkannya.  Kurun waktu itu, masih terasa sangat minim.

Kendati demikian. Dengan waktu yang pendek seperti itu, tidak berarti tidak ada peran  atau perkembangan positif yang bisa diraih oleh Koperasi, kepengurusan Periode 2010-2013. Kita akan melihat, ada sejumlah pertumbuhan dan perkembangan yang diraih oleh Koperasi, kepengurusan periode 2010-2013 ini.



Peserta Rapat Anggota Tahunan, yang berbahagia,
Terkait dengan kondisi terakhir lingkungan madrasah, struktur ekonomi anggota Koperasi,  khususnya Guru-guru di lingkungan MAN 2 Kota Bandung, sudah menunjukkan perubahan yang signifikans. Keberhasilan guru dalam melewati dan mengikuti program sertifikasi guru, sedikit banyak sudah menolong dan membantu ketahanan ekonomi keluarga.

Memang benar. Masalah kesejahteraan adalah masalah yang relative. Masalah kesejahtreraan adalah masalah yang sifatnya dinamis. Tetapi, hal menarik dari fenomena ini, dengan adanya peningkatan kesejahteraan guru khususnya, memberikan imbas pada peran dan fungsi koperasi. Sebagaimana yang tampak dalam laporan keuangan Pengurus, fungsi pinjaman di koperasi mengalami sedikit penurunan, sementara fungsi simpanan semakin meningkat. Indikatornya dapat dikenali dari meningkatnya asset simpanan sukarela di Koperasi untuk tahun buku 2013.


Realitas struktur ekonomi seperti ini, sudah tentu merupakan sesuatu yang baik dari sisi kesejahteraan anggota. Tetapi kurang menguntungkan bagi kesehatan koperasi di masa depan. Sehubungan hal ini, Pengawas merespon, aspirasi untuk menurunkan suku bunga koperasi, kiranya perlu diwacanakan dan disikapi oleh anggota Rapat Anggota Tahunan kali ini, Karena sesungguhnya, kesehatan koperasi di masa depan ini, bukan ditentukan oleh besarannya asset simpanan, tetapi oleh dinamika arus keuangan simpanan dan pinjaman.


Peserta Rapat Anggota Tahunan, yang berbahagia,
Meminjam prinsip dasar ekonomi makro, keberlanjutan sebuah lembaga ekonomi, bukan ditentukan oleh besarannya anggota koperasi, bukan pula ditentukan oleh besarannya asset tersimpan dalam KAS koperasi. Kesehatan sebuah koperasi, ditentukan oleh fundamental ekonomi yang tumbuhkembang dalam struktur ekonomi koperasi dan anggota.


Aspek fundamental koperasi itu, mencakup kepastian asset, kemandirian asset dan keaktifan asset. Kepastian asset, ditentukan oleh laporan pengurus yang wajar. Kemandirian asset, ditentukan oleh keuangan yang berbasis pada modal dan kekayaan koperasi, dan keaktifan asset yakni jalannya fungsi-sungsi koperasi, yang meliputi fungsi simpan, pinjam, dan kegiatan unit usaha.

Nilai SHU yang kita terima, pada dasarnya adalah imbas, atau dampak dari fundamental ekonomi koperasi yang kita miliki saat ini. Sehubungan hal ini, patut kiranya, kita memberikan apresiasi positif kepada pengurus, yang telah mampu menunjukkan kinerja yang positif, sehingga SHU anggota bisa meningkat, dan pelaksanaan RAT diperiode terakhirnya bisa dilaksanakan di tempat ini.


Kendati demikian, untuk menjaga kesinambungan dan perkembangan kesehatan koperasi ke masa depan, sudah saatnya, jika seluruh anggota Koperasi, memantau perkembangan koperasi, bukan saja dari besaran SHU, tetapi lebih dari jalannya fungsi-fungsi perkoperasian itu sendiri. Prinsip kinerjanya sangat jelas, yakni perhatikan prosesnya, maka kita akan mudah mengetahui mengenai hasil yang akan didapatkannya !


Peserta Rapat Anggota Tahunan, yang berbahagia,
Sebagaimana dimaklumi bersama, produk layanan Koperasi MAN kali ini, meliputi (1) simpan pinjam, (2) pinjaman barang, dan (3) sector usaha koperasi siswa.  Dua komponen yang pertama, merupakan sector usaha koperasi, yang muncul sejak berdirinya koperasi di MAN 2. Adapun sector usaha koperasi ini, merupakan kebijakan baru, pihak madrasah dan kesepakatan anggota, untuk mengakuisisi koperasi siswa, yang semula adalah kegiatan dibawah kendali OSIS MAN 2 Kota Bandung.



Peserta Rapat Anggota Tahunan, yang berbahagia,
Sebagai penutup, opini terakhir yang ingin disampaikan, yaitu nilai dasar yang bisa kita kembangkan di koperasi untuk masa yang akan datang. Sebagaimana yang pernah disampaikan dalam beberapa kesempatan lainnya, kesehatan ekonomi koperasi ini, tidak semata-mata dilihat dari SHU (sisa hasil usaha). Kesehatan koperasi ini, perlu ditinjau pula dari sisi aktifitas para anggotanya.

Oleh karena itu, mindset kita saat ini, dan juga ke masa depan, perlu kiranya membalikkan pola pikir kita dalam mengembangkan koperasi ini. Bukan hanya SHU yang kita cari, tetapi mengaktifkan aset koperasi yang kembangkan.


Ingat, SHU itu dampak bukan sebab. Karena itu, “andai kita serius dalam menanam benih dan merawatnya, maka kita akan mendapatkan buah yang manis.” Jangan sibukkan kita berharap buah, kalau tidak pernah menanamkan biji di koperasi secara sehat. Karena itu, membangun ragam nilai sebab keuangan yang sehat, akan melahirkan koperasi MAN 2 yang sehat pula. Nilai-nilai biji berkoperasi yang sehat itu yakni pengurus aktif, anggota aktif, dan keuangan mandiri.

Demikianlah, beberapa point yang bisa disampaikan pihak pengawas. Lebih dan kurangnya, mohon maaf.  Terima kasih atas kesediaan, dan waktu yang sudah disediakan. Atas nama pribadi dan pengawas, saya ucapkan terima kasih kepada Pengurus, Yth. Enung Nurjanah,MAg (cand. Doctor), Hj. Ade Ina, S.Pd., dan Siti Rohmana, M.P.Fis. 

Billahi taufiq wal hidayah, wassalamu a’alikum wr. Wb.

-o0o-

Kegiatan RAT kali ini, dilaksanakan di Wisata Alam Pangjugjugan Sumedang. 


Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar