Just another free Blogger theme

Sabtu, 28 September 2013





Menjadi seorang penulis tidak perlu orang akademisi, atau lebih ekstrimnya lagi menjadi sarjana pada bidang yang akan ditulisnya sendiri. Termasuk untuk memahami masalah geografi pun. Menulis topik ini, bisa hadir dari latar belakang ilmu yang tidak mesti geografi. Setidaknya, itulah profil yang bisa dipelajari dari Michael Allaby. Tokoh yang satu ini, dapat menginspirasi kita, untuk bisa produktif mencintai kehidupan ini, seiring sejalan dengan karir dan tugas hidup kita.

John Michael Allaby,  lahir tahun 1933 di Inggris.  Awal mula karirnya, Allaby mengikuti pelatihan sebagai perwira polisi, kemudian bekerja di rumah mayat (morgue), dan menjadi aktor dari sebuat teater anak-anak, dan selanjutnya menjadi pilot penerbangan di Royal Air Force. Setelah itu, dia bekerja menjadi staff di majalah Lingkungan di Inggris. Sejak tahun 1973, dia menjadi penulis lepas, dan berusaha memproduksi sejumlah karya masalah lingkungan. Fokus perhatiannya, pada dasarnya pada iklim dan cuaca, atau masalah lingkungan. Tetapi, dia pun menulis sejumlah karya yang lainnya, seperti Your Child and the Computer, The Ordnance Survey Outdoor Handbook, The Woodland Trust Book of British Woodlands, and Into Harmony with the Planets.[1]
Karakter dari struktur penulisan buku  John Michael Allaby termasuk unik. Sejumlah bukunya, tidak menyebut diri sebagai buku ensiklopedia atau kamus. Tetapi strukturnya bersifat tematik, ‘berurutan’, lebih ke arah deskriptif. Umumnya, buku-buku John Michael Allaby, menggunakan urutan tokoh dengan pemikirannya. Pada setiap babnya, akan diawali dengan pendahuluan, dan kemudian disajikan tokoh-tokoh yang terkait dengan isi materi, sesuai dengan pemikirnanya.

Misalnya, dalam buku Eksplorasi (Exploration), satu satu buku dari seri Discovering to Earth. Ada bab tentang penjelajahan dunia. Dalam bab ini, diuraikan sejumlah tokoh yang dianggap penting dan berpengaruh dalam penemuan dunia. John Michael Allaby menyajikan tokoh klasik, dari Yunani, Herodotus dan penjelajahan, kemudian Pytheas, dan Xenophon. Tidak lupa, mencantumkan pula peran dari  penjelasan muslim terbesar yaitu Ibn Battutah, kemudian ada Friar Odoric yang melakukan perjalanan ke India, China, dan Tibet , sampai Marco Polo, dan Columbus.  

Seperti buku lain pada umumnya, Allaby menyajikan tokoh dan sumbangsihnya secara sederhana, dan pokoknya saja. Sehingga, banyak tokoh yang di jelaskan dalam sebuah bab, walaupun sekedar 2 atau 3 halaman. Minat tulisannya angat luas, mencakup studi lingkungan, ilmu kebumian, geografi. Hingga usia 80 tahunan, dia sudah menulis kurang lebih 100 buah buku, dengan topik yang beragam. Tetapi, dalam pengakuannya sendiri, dia menulis banyak topik, tetapi minat utamanya adalah terhadap masalah iklim dan cuaca, yang dimulai sejak dia bekerja sebagai pilot pada sebuah maskapai penerbangan.

Untuk sekedar contoh, kita dapat membaca karya John Michael Allaby dengan judul, Ecology, plant, animal, and environment (2010), Exploration, New Land, New World (2010), Animals: from mythology to zoology (2010). Buku-buku tersebut dapat diakses secara gratis, dan kita dapat memanfaatkannya sebagai tambahan wawasan kita saat ini.

Pelajaran penting dari perjalanan karir dan karya John Michael Allaby, (1) pengalaman adalah modal penting dalam menulis, (2) banyak aspek yang bisa ditulis, dari satu perjalanan hidup kita, dan hal yang lebih penting lagi, (3) pengalaman dan perjalanan hidup yang kita tulis, bisa bermanfaat bagi orang lain.
Apakah Michael Allaby bisa disebut seorang geograf ? sekedar  mengawali pemposisian, beliau dapat diposisikan sebagai penutur masalah fenomena geosfera.

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar