Just another free Blogger theme

Jumat, 09 Februari 2024

Istilah imlek sudah sering di dengar. Tidak jarang pula, satu diantara kita merayakan hari besar imlek ini. Namun, di luar hal itu, tidak jarang pula kita tidak paham, makna dibalik istilah itu, atau hakikat dari perayaan tersebut.





Seorang penganut dan peraya tahun baru China ini, akan memberikan ucapan syukur kepada sesama dengan mengatakan, "gong xi fa cai, xin ian kuai lei". Dalam bahasa kita, kurang  lebih, semoga bahagia di tahun baru. 

Sebagai bagian dari nilai kemanusiaan, setiap orang memiliki pengalaman nyata dalam mengagumi bulan. Bulan dalam kaitan ini, dijadikan sebagai patokan waktu, sehingga manbusia memiliki penanggalan dalam kehidupannya. Imlek adalah salah satu penanggalan tahunan, yang digunakan China, dengan memanfaatkan kehadiran bulan.

Dalam dialek Hokkien, Imlek (阴历, dibaca im-le̍k) terdiri atas dua suku kata, yakni im berarti 'bulan' dan lek berarti 'penanggalan'. Dari situ, arti Imlek adalah 'penanggalan bulan' atau 'kalender bulan'. 

Istilah Imlek berbeda lagi dalam bahasa Mandarin. Kata tersebut dikenal dengan sebutan yin li (陰曆, dibaca yīn lì). Maknanya juga sama, yaitu lunar calendar atau 'kalender bulan'.

Bagi seorang geograf, tentunya, tradisi imlek dan juga penanggalan yang lain, menarik untuk dikaji secara seksama, khususnya dari sisi keilmuan.....



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar