Just another free Blogger theme

Rabu, 19 Juni 2013


Memahami diri sendiri dan kawan seiring itu adalah sangat penting dan utama dalam membangun ketahanan tim. Kegagalan kita dalam memahami diri sendiri, dan kemampuan diri, memudahkan orang lain melakukan penyerangan.



Seorang pemain,  khususnya dalam permainan tim, harus berusaha untuk mengembangkan saling pengertian.”, ujar pak Rohmat, seorang pelatih bulu tangkis yang mangkal di kawasan Bandung Tengah.
Kalau tidak ada saling pengertian, akan sulit, mereka tampil sebagai tim yang tangguh. Keterampilan individu, bukan jaminan untuk bisa memainkan permainan. Ketidakkompakkan, dan ketidakmampuan kita dalam memahami gaya permainan rekan tim, akan memudahkan lawan untuk memanfaatkan situasi itu sebagai sebuah kelemahan kita.
Ketidakmampuan kita saling memahami gaya kawan, akan menyebabkan kita saling mengandalkan, dan lemah dalam koordinasi. Situasi seperti ini, merupakan kelemahan besar dalam sebuah permainan tim. Ujarnya lagi. Secara panjang lebar. Beliau memberikan paparan coaching mengenai permainan olahraga beregu.
Hal yang menariknya lagi, dalam pandangan beliau itu, proses berfikir itu, lebih penting dalam memahami gaya permainan kawan, daripada membaca gaya permainan lawan.  Mengapa ?
Kita tidak mungkin mampu melakukan permainan dengan baik, bila kita tidak memahami gaya permainan kawan. Kita tidak mungkin, mengembangkan pertahanan yang baik, bila kita tidak memiliki kekompakkan dalam bermain. Kita tidak mungkin melakukan penyerangan yang mematikan, bila kita tidak mampu menunjukkan permainan yang kompak.
Sebaliknya dari itu. Ketidakkompakkan kita dalam beregu, memudahkan lawan membaca kita, dan memudahkan mereka melakukan penyerangan-penyerangan terhadap aspek ketidakkompakkan itu. Dalam posisi seperti itu, kita akan mengalami kesulitan dan kewalahan.
Alhamdulillah. Obrolan sore itu, mengantarkan saya pada satu kesimpulan, ternyata memahami diri sendiri dan kawan seiring itu, jauh lebih penting dan utama dalam membangun ketahanan tim daripada menyerang musuh. Koordinasi dan komunikasi efektif dalam tim, adalah pertahanan yang baik dalam membangun keutuhan tim dan ketahanan tim. Kegagalan kita dalam memahami diri sendiri, dan kemampuan diri, memudahkan orang lain melakukan penyerangan.
Makna dari ini, bisa jadi, termasuk juga tim dalam pengertian kelompok, organisasi, atau keluarga. Sebuah keluarga, akan tahan banting, bila sudah ada saling pengertian. Ketahanan sebuah keluarga, akan jauh lebih kuat, bila setiap anggota Tim memiliki pemahaman dan koordinasi yang baik.
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar