Just another free Blogger theme

Kamis, 30 November 2023

Dalam beberapa hari terakhir, alhamdulillah, bisa menggunakan aplikasi perupa berbasis AI. Para netizen sudah tentu, sudah tahu itu, satu diantara sekian aplikasi itu, ada yang disebut dengan bing.com, yang ada dalam google.com.

Hasil karya digital itu, bisa sangat beragam, dan sangat beragam. Bahkan, saya mengartikannya, sangat tidak terduga, dan tak terkendali. Seperti yang ada dalam ilustrasi ini : 









Sebagai pemulia, saya hanya mencoba membuat karya digital, sebagaimana yang pernah dilihat dari karya orang lain. Target waktu itu, sekedar mencoba menerjemahkan imajinasi ke dalam kalimat, dan melihat hasil AI dari imajinasi yang tertuliskan itu. Kesimpulannya, 'tidak semudah yang dibayangkan'. 

Dalam pikiran ini, ada imajinasi tertentu. Kemudian dituangkan dalam kalimat. Tetapi, ternyata, hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Mungkin kalimat perintah yang salah, atau penulis yang belum mahir menggunakannya. Namun, hal yang pasti, dari sejumlah pengalaman dengan perintah yang serupa itu, melahirkan karya-karya digital sebagaimana yang tampak dalam ilustrasi di sini.

Selepas menungai permainan teknologi, tak terduga, tersentaklah pikiran ini. rupa-rupa digital yang baru saja diunggah itu, milik siapa ? apakah semua itu karya pribadi, atau karya digital ? andaipun, ada yang disebut hak cipta, apakah gambar-gambar itu, adalah hak cipta si pembuatnya, atau hak cipta digital AI ?

ah, silahkan didiskusikan !


Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar