Just another free Blogger theme

Minggu, 07 April 2013



Geografi adalah ilmu pengetahuan tentang permukaan bumi. Geografi mempelajari keanekaragaman permukaan bumi. Perkembangan ilmu geografi, diawali dari berbagai tulisan yang dibuat oleh para penjelajah, petualang, atau ilmuwan yang melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Karena ada keragaman fenomena kehidupan di muka bumi ini, dan kemudian dideskripsikan secara ilmiah, maka pengalaman dan perjalanan itu, menjadi sebuah perjalanan geografi. Ibnu Batuta adalah salah satu dari petualang di zaman klasik, yang kemudian dikenal sebagai seorang Geograf. Oleh karena itu, prinsip dasar dan prinsip utama geografik itu adalah obervasional atau fenomenal. Ini penting, dan perlu ditegaskan dengan seksama.  Bukanlah geografi, bila tidak menunjukkan peristiwa atau fakta yang fenomenal, atau terobservasi.


Sebuah naskah, yang dipersiapkan UNESCO tahun 1961, dengan tegas mengatakan bahwa salah satu prinsip pembelajaran geografi itu adalah ‘the power of observation’. [1] Geografi memosisikan observasi sebagai sebuah pendekatan sekaligus teknik utama dalam membangun keilmuannya. Tidak ada geografi bila tidak menunjukkan fenomena faktual yang bisa ditemuka di muka bumi.

Dalam pelaksanaannya, ada dua cara dalam mengembangkan prinsip observasi ini. Pertama, melakukan observasi langsung. Mislanya observasi tata guna lahan, observasi ke kebun, observasi ke kawasan perumahan, pemukian dan industri, dan atau observasi ke kawasan geologi batu kapur. Pengamatan dan survey itu merupakan prinsip penting dalam keilmuan geografi. Tidak mengherankan, bila kemudiana geografi itu adalah ilmu pengetahuan yang dibangun dari perjalanan, pengamatan dan penemuan nilai-nilai fenomena geografi.

Jenis kedua, yaitu obervasi tidak langsung (indirect observation). Pengamatan tidak langsung bisa memanfaatkan slide, film, atau kartu belajar. Peta dan globe atau google maps merupakan alat bantu pembelajaran geografi. Sebagai contoh, dengan membaca peta geologi, seorang pembelajar diajak untuk melakukan analisis terhadap fenomena geologi satu kawasan tertentu. Pada konteks ini, pembelajaran geografi memanfaatkan media atau alat bantu belajar  untuk menunjukkan fenomena geografi yang sesungguhnya.

Mengenalkan fenomena geosfera dengan memanfaatkan alat bantu pembelajaran, seperti gambar, foto, slide, film, atau peta dan globa, merupakan upaya membangun kecerdasan pengamatan (observational intelligence) pada siswa. Dengan pendekatan ini pula,   Karena alasan ini pula, tepat kiranya bila Alan Strahler (2007) mengembangkan buku teks dengan tema visualizing geography.



[1] “UNESCO Source Book for The Teaching of Geography “. Sumber : http://unesdoc.unesco.org/images/0014/001444/144414eb.pdf
Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar